5-tips-alami-mencegah-katarakLiputanIslam.com — Sejauh ini tidak ada penelitian yang menemukan bagaimana cara mencegah katarak atau memperlambat perkembangan katarak. Namun, para ahli berpikir bahwa ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu mencegah atau memperlambat katarak, seperti dilansir situs kesehatan Mayo Clinic.

1. Memeriksa mata secara teratur
Pemeriksaan mata yang dilakukan secara rutin dapat membantu mendeteksi katarak dan masalah mata lainnya pada tahap awal. Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda harus melakukan pemeriksaan mata.

2. Mengurangi konsumsi alkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko katarak.

3. Memakai kacamata hitam
Sinar ultraviolet dari matahari dapat meningkatkan risiko katarak. Pakailah kacamata hitam saat Anda berada di bawah terik matahari untuk menghalangi paparan sinar ultraviolet B (UVB) pada mata.

4. Mengontrol berat badan
Jika saat ini Anda memiliki berat badan yang sehat, pertahankan itu dengan berolahraga. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, usahakan untuk menurunkan berat badan secara perlahan dengan mengurangi asupan kalori dan meningkatkan aktivitas fisik setiap hari.

5. Makan buah dan sayur
Sertakan buah-buahan dan sayuran dalam menu harian Anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh. Buah dan sayuran memiliki banyak antioksidan, yang membantu menjaga kesehatan mata Anda. (Merdeka)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL