Tanda Tubuh kekurangan zat besiLiputanIslam.com – Anda mudah merasakan lelah? Mungkin awalnya kita mengira bahwa rasa lelah itu timbul akibat melakukan berbagai aktivitas. Namun ternyata, lelah tidak melulu terkait dengan kegiatan fisik lho. Bisa jadi, tubuh Anda kekurangan zat besi!

Ya, kekurangan zat besi adalah salah satu masalah kesehatan yang seringkali tak disadari oleh banyak orang. Hal ini lantaran gejala kekurangan zat besi sangat mirip dengan masalah kesehatan lainnya.

Zat besi dibutuhkan untuk memproduksi haemoglobin, sebuah protein yang berfungsi mengirimkan oksigen dalam sel ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi bisa berujung pada anemia. Karena itu, sebaiknya kenali tanda-tanda kurang zat besi, sebagaimana dikutip dari merdeka.com;

1. Lelah
Rasa lelah, lemah, dan lesu adalah gejala umum yang terjadi pada tubuh ketika kekurangan zat besi. Meski begitu, tanda ini juga yang paling sulit dideteksi, karena orang biasa merasa lelah akibat kebanyakan aktivitas yang dilakukan. Kekurangan zat besi akan menyebabkan asupan oksigen dalam sel dan seluruh tubuh berkurang sehingga akan mengurangi tingkat energi dalam tubuh.

2. Menstruasi yang terlalu banyak
Untuk Anda pra wanita, kekurangan zat besi juga tampak pada menstruasi. Menstruasi yang terasa berat dan banyak adalah salah satu tanda yang patut diwaspadai. Banyaknya darah menstruasi yang keluar akan meningkatkan risiko wanita kekurangan zat besi.

3. Pucat
Haemoglobin adalah zat yang bisa memberikan kulit warna kemerahan. Karena itu, jika seseorang kekurangan zat besi dan adalah merah, biasanya mereka akan memiliki kulit yang pucat. Biasanya ini lebih mudah terdeteksi pada orang yang berkulit cerah. Namun apapun warna kulit Anda, jika gusi, bibir bagian dalam, dan bagian dalam kelopak mata berwarna pucat, kemungkinan Anda kekurangan zat besi.

4. Napas pendek-pendek
Napas yang pendek-pendek merupakan salah satu tanda ketika Anda kekurangan zat besi. Coba perhatikan napas Anda ketika melakukan aktivitas seperti biasa. Apakah Anda menjadi lebih mudah lelah? Jika iya, kemungkinan Anda kekurangan zat besi. Ini disebabkan oleh kurangnya haemoglobin yang ada dalam tubuh.

5. Detak jantung terlalu cepat
Kekurangan haemoglobin karena kurang zat besi akan membuat jantung bekerja lebih keras. Akibatnya, jantung akan berdetak lebih cepat, mengalami pembesaran, dan bahkan bisa berujung pada gagal jantung. Namun jangan khawatir, karena kekurangan zat besi harus masuk dalam tahap serius dulu sebelum mempengaruhi jantung.

6. Kaki kesemutan
Kaki yang sering kesemutan juga salah satu tanda Anda kekurangan zat besi. Penelitian mengungkap bahwa 15 persen orang yang sering kesemutan memiliki tingkat zat besi yang sangat rendah dalam tubuh mereka.

7. Sakit kepala
Meski kekurangan zat besi, tubuh secara otomatis akan mengirimkan lebih banyak darah ke otak dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Walaupun begitu, otak tetap akan menerima lebih sedikit zat besi daripada seharusnya. Ini akan menyebabkan arteri membengkak dan memicu sakit kepala.

8. Keinginan ngemil yang aneh
Orang yang mengalami kekurangan zat besi biasanya mengalami keinginan ngemil yang aneh, seperti ingin ngemil es, kertas, kapur, dan lainnya. Ini disebut pica, yaitu keinginan kuat untuk makan benda yang tak mengandung nilai nutrisi.

9. Sulit berkonsentrasi
Ketika kekurangan zat besi, secara tak langsung tubuh juga kekurangan oksigen. Ini akan membuat Anda lebih sulit berkonsentrasi daripada biasanya. Selain itu, ini juga mempengaruhi kemampuan Anda untuk peduli pada sekitar. Biasanya kekurangan oksigen akan membuat orang menjadi lebih sulit bersimpati pada lingkungan sekitarnya.

10. Nyeri otot
Jika sedang kekurangan zat besi, Anda akan lebih mudah merasa lelah saat berolahraga. Selain itu, nyeri akibat olahraga akan bertahan lebih lama dari biasanya. Otot membutuhkan zat besi untuk bisa pulih. Kekurangan zat besi akan memperlambat proses penyembuhan setelah berolahraga.

11. Kecemasan
Kekurangan zat besi bisa menyebabkan Anda merasa lebih mudah cemas dibandingkan biasanya. Ini karena kekurangan zat besi menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan membuat sistem saraf menjadi bekerja terlalu keras. Detak jantung yang lebih cepat juga bisa membuat Anda lebih stres dan cemas tanpa alasan.

12. Rambut rontok
Kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan rambut lebih mudah rontok, terutama jika kekurangan zat besi sudah mendekati anemia. Ini karena tubuh bekerja dalam mode pertahanan hidup. Ketika aliran darah tak lancar pada jaringan dan organ, tubuh akan lebih memprioritaskannya pada organ penting.

13. Kuku mudah patah
Kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan kuku menjadi semakin tipis dan mudah patah. Ini adalah tanda kekurangan zat besi yang umum dan bisa dideteksi dengan mudah.

14. Masalah tiroid
Jika Anda memiliki tiroid yang tak terlalu aktif, bisa jadi penyebabnya adalah kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi akan menurunkan kinerja tiroid dan mengganggu kemampuan tubuh meningkatkan metabolisme. Sayangnya tanda yang satu ini sulit dideteksi.

15. Lidah terasa bengkak
Kekurangan zat besi tak hanya membuat lidah terlihat lebih pucat, tetapi juga bisa membuatnya terasa membengkak dan sakit. Ini karena kekurangan zat besi juga mempengaruhi tingkat myoglobin pada tubuh. Myoglobin adalah protein pada sel darah merah yang berfungsi menjaga kesehatan otot, termasuk lidah. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL