kulkasKulkas sering dianggap tempat terampuh untuk mengawetkan bahan makanan. Namun jangan salah, ada beberapa bahan makanan yang justru sebaiknya tidak disimpan di kulkas. Berikut ini 13 di antaranya.

1. Tomat
Pendinginan tomat membuat kadar air di dalamnya meningkat, mengurangi nilai gizi, dan menguras kandungan antioksidan. Lebih baik, belilah tomat secukupnya dan tetap letakkan di luar kulkas.

2. Kentang
Kentang yang disimpan dalam kulkas akan mengurangi kadar protein yang baik bagi kesehatan tubuh. Pada suhu ruang, kentang mampu bertahan hingga tiga minggu. Atau, jika mau lebih awet, bungkus kentang menggunakan kertas.

3. Bawang merah
Seperti tomat, bawang merah akan menjadi lembek bila disimpan dalam lemari es. Aroma yang kuat dari bawang juga akan meresap ke bahan-bahan lain di sekitarnya, sehingga dapat merusak aroma asli.

4. Kopi
Kopi akan kehilangan rasa dan aroma bila berada dalam suhu dingin. Kadar kafeinnya pun bisa berubah. Untuk itu, kopi bubuk atau biji kopi harus selalu disimpan di suhu kamar.

5. Minyak
Semua jenis minyak harus berada di luar kulkas. Hal ini karena minyak akan menggumpal jika disimpan pada temperatur rendah. Untuk mencairkannya lagi pun butuh waktu lama.

6. Bawang putih
Sama seperti bawang merah, bawang putih pun akan lembek jika disimpan dalam kulkas. Tekstur rasanya pun berubah jadi asam, serta merusak komposisi gizinya.

7. Madu
Madu merupakan bahan alami yang tidak perlu diawetkan oleh apapun. Ketika disimpan dalam lemari pendingin, akan terbentuk kristal gula yang menyulitkan untuk dikonsumsi.

8. Melon  dan Semangka
Buah ini terbilang unik. Jika sudah dipotong, melon dan semangka wajib disimpan dalam kulkas. Tapi, jika masih dalam bentuk utuh, harus berada pada suhu ruang untuk menjaga kandungan antioksidannya tetap tinggi.

9. Roti
Beberapa jenis roti bakal membeku jika disimpan pada temperatur rendah. Hal ini dapat merusak tekstur, rasa, dan aroma.

10. Sayuran herbal
Seperti daun mint, rosemary, oregano, daun ginseng, akan lebih baik disimpan dalam wadah kedap udara pada suhu ruang. Menyimpannya di kulkas hanya akan mempercepat pembusukan.

11. Alpukat

Bila Anda membeli buah alpukat yang belum matang, maka sebaiknya Anda tidak menyimpannya di dalam kulkas karena akan memperlampat proses pematangan. Kecuali, bila Anda membelinya dalam keadaan sudah matang, maka Anda boleh saja menyimpannya di kulkas agar lebih awet dan segar.

12. Pisang

Buah pisang yang Anda masukkan ke dalam kulkas kemudian Anda keluarkan dan membiarkannya di ruang terbuka, akan menyebabkan kulit buah pisang menjadi lebih cepat berubah kecokelatan.

13. Daun Kemangi

Jika daun kemangi disimpan di dalam kulkas, daun ini akan segera layu. Karena itu, taruh saja kemangi di meja dapur. Anda dapat menyimpan daun kemangi seperti halnya bunga segar, beri air dalam wadah dan anda dapat meletakknya seperti bunga, dan jangan terkena sinar matahari langsung. Anda juga dapat menyimpannya di dalam kantong plastik yang telah di beri lubang, untuk sirkulasi udara segar. (LiputanIslam.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*