smokingJakarta, LiputanIslam.com—Anda mungkin berpikir merokok adalah kebiasaan yang hampir mustahil dihilangkan. Sebenarnya bukan tidak bisa, tapi memang dibutuhkan sedikit usaha lebih dan sifat konsisten. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda agar segera berhenti merokok.

1. Bulatkan Niat Anda
Pertama, Anda perlu membulatkan tekad dan niat Anda. Untuk itu, Anda perlu menemukan alasan yang kuat kenapa mau berhenti merokok. Untuk kesehatan Anda kah? Untuk menghemat uang kah? Untuk orang di sekeliling Anda kah?

2. Minta Bantuan Teman dan Keluarga
Publikasikan keinginan Anda untuk berhenti merokok kepada keluarga dan teman Anda. Dapatkan dukungan dari keluarga dan teman dekat untuk berhenti merokok dan minta mereka untuk selalu mengingatkan bahaya merokok untuk kesehatan tiap kali keinginan Anda untuk merokok datang lagi.

3. Ubah Mindset Anda
Banyak yang bilang bahwa berhenti merokok itu sulit. Nah, coba ubah mindset ini! Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa Anda pasti bisa berhenti merokok.

4. Dimulai dari Cara yang Mudah
Anda bisa mulai sedikit demi sedikit. Jika Anda sedang dalam kondisi yang sangat stress, Anda diperbolehkan untuk merokok namun tidak dalam porsi yang sama dan banyak. Namun, jika kondisi Anda baik-baik saja dan tidak dalam keadaan stress, Anda lebih baik tidak merokok sama sekali. Jadi, Anda merokok dalam keadaan tertentu dengan mengurangi sedikit demi sedikit. Selain itu, pastikan target waktu untuk benar-benar bisa berhenti merokok.

5. Tanamkan Rasa Malu
Caranya adalah ketika Anda akan merokok carilah tempat yang sepi yang tidak ada seorang pun yang melihat Anda merokok. Jika ada orang lain yang lewat di depan Anda, segera sembunyikan dan matikan rokok Anda. Ulangi cara ini setiap kali bertemu orang.

6. Jauhi Teman yang Merokok
Teman adalah pengaruh eksternal. Pepatah mengatakan jika seorang berteman dengan tukang pandai besi, dia akan mendapat aroma besi di tubuhnya, tapi jika seorang berteman dengan penjual minyak wangi, dia akan mendapat aroma wangi juga. Jadi, coba batasi dulu hubungan Anda dengan teman-teman yang merokok kalau memang tekad Anda masih goyah. Cara lain adalah minta mereka untuk tidak merokok atau meninggalkan rokok di depan Anda. Selain itu, jika Anda sedang bersama mereka, ajaklah ke tempat yang bebas asap rokok.

7. Hindari Kebiasaan yang Memancing Rasa Ingin Merokok
Kebiasaan merokok setelah makan dapat dihilangkan dengan cara setelah makan langsung pergi untuk menggosok gigi atau berjalan-jalan. Dengan begitu, Anda bisa melupakan keinginan Anda untuk merokok setelah makan. Selain itu, hindari beberapa kebiasaan yang bisa membuat Anda ingin merokok, seperti minum kopi, alkohol, begadang, dan juga bedebat.

8. Hisaplah Permen
Jika Anda mulai stress karena belum terbiasa untuk tidak merokok, hisaplah permen. Cara ini adalah bentuk pengalihan pikiran Anda terhadap rokok itu sendiri.

9. Cari Kesibukan
Jika Anda ingin berhasil untuk berhenti merokok, Anda bisa mulai menyibukkan diri Anda dengan aktivitas Anda. Jangan sampai terjebak dalam kesendirian sehingga timbul keinginan Anda untuk merokok lagi. Aktivitas yang banyak dan padat membuat Anda semakin melupakan keinginan untuk merokok karena tidak ada waktu untuk melakukan itu.

10. Tetap Berpikir Positif
Jika Anda berniat untuk berhenti merokok, jangan anggap itu sebagai pengorbanan, tetapi anggaplah hal tersebut sebagai langkah untuk meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.

11. Beri Penghargaan untuk Diri Sendiri
Hadiahi diri Anda sendiri untuk setiap hari tanpa rokok. Sebuah ide yang baik ke arah ini adalah dengan menggunakan uang tabungan karena tidak merokok untuk membeli sesuatu atau pergi berjalan-jalan. (ra/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL