HAM 2Ada beberapa hak kemanusiaan yang secara tekstual digariskan dalam Alquran. Setidaknya kita menjumpai adanya lima belas hak yang tertera-dan harus dijamin oleh setiap manusia- dengan jelas dalam Alquran.

Pertama, “hak persamaan dan kebebasan.” Alquran sangat berkepentingan dalam penjaminan bagi persamaan seluruh entitas kemanusiaan, serta memberikan kebebasan bagi mereka untuk berbuat apa saja, termasuk didalamnya untuk menjadi penentang Tuhan. Karena itu agama Islam kemudian juga sangat dikenal sebagai agama pembebas. Terutama bagi orang-orang yang tertindas. Baik tertindas karena kultur maupun struktur. Citra pembebasan dan persamaan itu dapat kita lihat dalam Q.S. Ali Imran: 104, 110 & 159, An-Nisa’: 58, 105, 107 & 135, At-Thur: 21. Asy-Syura: 10 & 38, At-Tahrim: 10, Al-A’raf: 185 & 199.

Kedua, “hak hidup”. Alquran sangat menekankan perlunya kehdupan seseorang demi suatu tujuan yaitu menyembah pencipta-Nya. Karenanya Alquran mengutuk seseorang yang membunuh nyawa tanpa suatu alasan yang dapat membenarkannya. Barangsiapa membunuh tanpa alasan yang benar, baginya juga mendapat hukuman kematian (qishas). Dan barangsiapa membunuh satu jiwa, Alquran menganggap sama dengan membunuh jiwa-jiwa yang lainnya. Pengakuan itu dapat kita baca dalam QS. Al-Baqarah: 256. Al-Isra’; 45. Al-Maidah: 17-18 & 45. Al-Bayyinah: 5. An-Nur: 27 & 28.

Ketiga, “hak memperoleh perlindungan.” Alquran sangat menghargai bagi seseorang yang mau saling menolong dan saling melindungi. Terutama berkenaan dengan hal-hal yang dianjurkan oleh agama. Sikap ini terdapat dalam QS. Al-Insan : 8. Al-Balad : 12-17.

Keempat, “hak kehormatan pribadi”. Alquran meminta kepada semua orang tanpa kecuali untuk menghormati dan menjaga kehormatan seseorang. Sampai-sampai, bagi orang Muslim apabila diminta untuk melindungi orang musyrik di waktu perang dia pun harus melindunginya. Orang Islam juga dilarang memasuki rumah tetangga kecuali setelah mendapat izinnya. Hal ini dilakukan demi menjaga kehormatan yang punya rumah. Juga dilarang mengolok-olok sesama manusia. Sikap dan perintah ini dapat kita lihat dalam QS. An-Nur 24:27, At-Taubah 9: 6, Al-Hujurat 49: 11-12, An-Nisa’ 4: 148-149.

Kelima, “hak menikah dan berkeluarga”. Alquran menyarankan bagi setiap orang untuk menikah dengan etika yang dijelaskan kemudian. Karena keluarga adalah tulang punggung agama dan negara. Sehingga setiap orang punya hak yang sama untuk berkeluarga. Hal ini terdapat dalam QS. Al-Baqarah: 187, 221 & 223. Rum: 21. An-Nisa’ 17, 32 & 34. At-Tahrim :6, Thaha: 132.

Keenam, “hak sederajat”. Setiap orang tanpa kecuali dijamin kesamaannya. Yang membedakan dari setiap orang hanyalah ketakwaannya. Jaminan kesederajatan ini dapat dilihat dalam QS. Al-Hujurat 49: 13 dan Al-Baqarah : 228.

Ketujuh, “hak anak terhadap orang tuanya.” Setiap anak mempunyai hak yang dijamin juga oleh Alquran. Dengan jaminan tersebut, orang tua tidak boleh berlaku sewenang-wenang terhadap anak-anaknya. Hal ini terdapat dalam QS. Al-Baqarah: 233. Al-Isra’ : 23-24.

Kedelapan, “hak memperoleh pendidikan dan berperang serta dalam pengembangan iptek.” Alquran sangat menganjurkan setiap manusia untuk berpikir, bertindak dan berbuat sesuai dengan kaidah ilmiah. Sehingga kaum Muslim diharuskan pandai dalam segala urusannya. Hal tersebut terdapat dalam QS. At-Taubah: 122, Al-‘Alaq: 1-5.

Kesembilan, “hak bebas memilih agama”. Alquran juga menjamin kebebasan seseorang dalam beragama, bahkan untuk tidak beragama. Bagi siapa saja yang ingin beragama selain Islam, Alquran menyatakan harus mempertanggungjawabkannya di hadapan Tuhan. Sehingga menjadi urusan privat antara Tuhan dan Manusia yang bersangkutan. Hal tersebut terdapat dalam QS. Al-Baqarah : 217 & 256, Al-Kahfi : 29, Yunus : 99, An-Nahl : 125, Al-Ankabut: 46.

Kesepuluh, “hak bebas bertindak dan mencari suaka.” Setiap orang yang merasa terancam, dapat meminta suaka atau perlindungan pada siapa pun. Dan bagi siapa saja yang diminta perlindungan atau suaka, harus memberikannya tanpa pandang bulu. Kecuali nantinya terbukti, orang tersebut berbuat salah. Hal ini terdapat dalam QS. An-Nisa’ : 97, Al-Mumtahanah: 9… (hd/liputanislam.com)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL