مؤتمر الافتاء بمصر يختم بالدعوة لمواجهة الفكر التكفيريKairo, LiputanIslam.com – Para peserta Kongres Sedunia untuk Fatwa (al-Mu’tamar al-Alami li al-Ifta’) yang berlangsung di Kairo, ibu kota Mesir, mengingatkan bahaya faham takfiri (faham yang cenderung mengafirkan lawan pendapat) serta menyerukan moderatisme dan pengindahan keragaman adat dan tradisi masyarakat antarbangsa dalam pengeluaran fatwa.

Sebagaimana diberitakan Alalam, dalam deklarasi penutupannya pada Rabu (19/8), kongres yang diselenggarakan oleh Lembaga Fatwa Mesir (Darul Ifta’ al-Misriyyah) menekankan keharusan menanggulangi radikalisme, takfirisme, dan sektarianisme mazhab, keharusan memberikan pencerahan mengenai kemoderatan dalam pengeluaran fatwa, dan keharusan adanya pembaharuan dalam ilmu-ilmu kefatwaan.

Para mufti dan alim ulama peserta kongres menyerukan kepada para mufti agar mengindahkan keragaman adat dan tradisi antarnegara, dan mengingatkan bahaya pengungkitan masa lalu dalam realitas kehidupan masa kini. Mereka sepakat untuk mendirikan sekolah-sekolah syariat yang dapat diandalkan untuk spesialisasi fatwa.

Kongres yang dimulai sejak Senin lalu (17/8) dan dihadiri oleh para peserta dari 50 negara Islam itu membicarakan berbagai persoalan, terutama upaya pendekatan antarmazhab Islam dan upaya penanggulangan fatwa-fatwa takfiri.

Grand Sheikh al-Azhar, Syeikh Ahmed al-Tayip, dalam kongres itu menegaskan bahwa ajaran Islam sedang menjadi sasaran serangan hebat dan konspirasi sistematis dari musuh-musuhnya yang sangat berlebihan dalam berfatwa sampai pada batas di mana kelompok-kelompok radikal tak segan-segan mengafirkan dan menghalalkan darah sesama muslim.

Para peserta kongres menyebut kelompok-kelompok takfiri itu sebagai “Khawarij Masa Kini”. Khawarij adalah kelompok sesat yang tercatat sangat ekstrim dan suka mengafirkan kelompok-kelompok muslim lain di luar kalangan mereka pada periode pertama sejarah Islam. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL