Iran,LiputanIslam.com—Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, mengatakan bahwa Iran telah mengizinkan Rusia menggunakan pangkalan militernya untuk melawan kelompok teroris di Suriah.

“Rusia tidak memiliki pangkalan militer di Iran. Jika memang dibutuhkan, Rusia bisa gunakan fasilitas Iran untuk memerangi kelompok teroris,” ucap Zarif, seperti dikutip oleh Reuters, Selasa (28/03).

Diplomat Iran, yang mendampingi Presiden Hassan Rouhani pada kunjungannya ke Moskow, mengatakan bahwa isu-isu regional termasuk krisis di Suriah, akan dibahas pada pertemuan mendatang dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, di Kremlin.

Agustus lalu, Rusia mengumumkan bahwa pesawatnya telah menggunakan pangkalan militer di Iran Barat untuk melancarkan serangan udara melawan kelompok teroris di Suriah.

“Pada 16 Agustus (2016), Tu-22M3 pesawat bom jarak jauh dan Su-34 pesawat bom garis depan, yang penuh berisikan bom itu terbang dari pangkalan udara Hamedan. Grup pesawat tersebut melakukan serangan udara terhadap kelompok teroris Daesh dan Jabhat Fath al-Sham, di provinsi Aleppo, Dayr al-Zawar, dan Idlib.” Ucap Menteri Pertahanan Rusia.

Iran dan Rusia telah membantu pemerintah Suriah untuk memerangi kelompok teroris yang telah membawa malapetaka di negara Arab sejak 2011 lalu.

Moskow mengumumkan kampanye melawan Daesh dan berbagai teror lainnya di Suriah. Serangan udara Rusia ini telah membantu pasukan Suriah melawan kelompok-kelompok militan yang berjuang untuk menggulingkan Presiden Bashar Assad.

Tiga hari setelahnya, Moskow mengabarkan bahwa pesawat tempur yang berbasis di pangkalan militer Iran, telah kembali ke Rusia.

Pada saat itu, Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Hossein Dehqan mengatakan bahwa Rusia boleh menggunakan pangkalan militer Iran, kapanpun. Tergantung pada situasi di Suriah.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Ghasemi mengatakan bahwa serangan udara militer Rusia atas kelompok militan di Suriah itu didasarkan atas permintaan Rusia.

Bulan lalu, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi, Ali Shamkhani, menekankan bahwa Rusia terus menggunakan pangkalan udara Iran sebagai bagian dari kerjasama strategis antara kedua negara. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL