Teheran,LiputanIslam.com-Meski Teheran membantah keras keterlibatannya dalam serangan nirawak ke fasilitas minyak Aramco, AS tetap keras kepala menuding Iran di balik serangan itu.

Washington mengklaim, serangan itu tidak relevan dengan persenjataan yang dimiliki kelompok Ansharullah Yaman. Selain itu, tuding AS, serangan tidak berasal dari arah Yaman.

Selain bentuk upaya untuk terus menyudutkan Iran, tudingan AS ini jelas merupakan peremehan terhadap kemampuan militer lokal yang dimiliki Ansharullah.

Baca: Soal Serangan Ansarullah ke Aramco, Para Pakar Meledek Tudingan Menlu AS terhadap Iran

“Usai kegagalan (kebijakan) ‘tekanan maksimum,’ kini Mike Pompeo beralih ke (kebijakan) ‘penipuan maksimum.’ AS dan para pelanggannya di Yaman kebingungan karena keunggulan persenjataan tak mendatangkan kemenangan militer,”cuit Mohammad Javad Zarif (menlu Iran), menanggapi tudingan Washington.

Zarif menegaskan, tuduhan atas Iran tidak akan menyelesaikan bencana. Menurutnya, andai usulan Iran pada April 2015 untuk menghentikan perang dan memulai perundingan diterima, mungkin krisis sudah berakhir.

Stasiun televisi Fox News melaporkan, foto-foto satelit menunjukkan akurasi tinggi serangan nirawak Yaman ke kilang minyak Aramco.

Menurut laporan ini, evaluasi foto-foto satelit menunjukkan 19 titik di dua kilang minyak Aramco terdampak kerusakan akibat serangan itu.

Serangan nirawak Ansharullah dikabarkan telah mengganggu sebagian dari ekspor minyak Saudi.

Menurut analisis terbaru dari korporasi energi asal Inggris, Aspect, 18 persen produksi gas alam dan sekira 50 persen produksi minyak cair Saudi akan tertunda akibat serangan tersebut. (af/alalam)

Baca Juga:

Geram dengan Tuduhan AS, Jenderal IRGC Nyatakan Siap Berperang

Senator AS: Serang Saja Kilang Minyak Iran!

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*