Atena,LiputanIslam.com—Menteri Urusan Migrasi Yunani, Yannis Mouzalas, mengatakan bahwa Yunani setuju menampung 392 pengungsi Turki yang diusir oleh pemerintah Jerman.

Senin (7/8), Mouzalas mengatakan bahwa Uni Eropa dan Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) akan kembali mengajukan permohonan bagi para pengungsi agar mereka mendapatkan akses masuk ke negara-negara Uni Eropa; jika permohonan ini ditolak, maka mereka akan dikembalikan ke Turki.

Di saat Yunani tengah dilanda persoalan ekonomi, negara ini justru bersedia menerima para pengungsi yang ditolak oleh negara-negara Uni Eropa lainnya. Sebelumnya, negara-negara Yunani telah dibantu oleh negara Uni Eropa lainnya untuk mengatasi masalah pengungsi, tetapi kini negara-negara itu justru mendapatkan banyak tekanan dari rakyatnya agar mengusir para pengungsi dari negara mereka.

Ini adalah kali pertama Yunani menerima para pengungsi yang diusir oleh negara-negara Uni Eropa lainnya sejak 2011 lalu. Pemerintah Yunani akan membuat daftar masuk bagi para pengungsi yang telah diusir dari Jerman.

Hingga kini, lebih dari 62.000 pengungsi telah berada di Yunani. Kebanyakan pengungsi harus menunggu satu hingga satu tahun setengah agar mereka dapat pergi ke negara-negara lainnya. (fd/NRT)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL