Riyadh,LiputanIslam.com—Wall Street Journal mengumumkan pada Sabtu (18/11) bahwa Presiden Trump akan mencari cara untuk memperkuat sistem pertahanan rudal Arab Saudi secepat mungkin. Tindakan ini disebabkan oleh perubahan situasi di Timur Tengah yang begitu cepat, seperti penangkapan para pangeran dan pejabat Arab Saudi, pengunduran diri PM Lebanon yang masih “misterius”, dan terakhir peluncuran rudal yang dilakukan oleh Ansarullah-Yaman atas Riyadh.

Seperti yang tertulis dalam publikasi tersebut, Trump berupaya untuk mengendalikan ketidakjelasan situasi politik di Lebanon. Atas dasar itu, AS dan Arab Saudi harus fokus dengan sesuatu yang mereka sebut sebagai “ancaman” regional yaitu dukungan senjata terbaru Iran kepada negara-negara sekutunya di Timur Tengah, termasuk Hizbullah.

Berdasarkan atas publikasi itu juga, Washington, secara khusus berupaya untuk memastikan Arab Saudi memiliki kemampuan yang cukup untuk melindungi dirinya dari serangan apapun. Bulan lalu, Trump menyetujui pembelian senjata oleh Riyadh, sistem peluncuran rudal dan radar senilai 15 milyar dolar. (fd/news.am)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL