Bilal ISISLiputanIslam.com — Media sosial dihebohkan dengan foto-foto ‘kemesraan’ antara putra Presiden Recep Tayyip Erdogan, yaitu Necmettin Bilal Erdogan, dengan teroris transnasional Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Dalam sebuah foto, terlihat Bilal Erdogan tengah makan bersama dengan petinggi ISIS. Di foto lain, terlihat ia berangkulan. Disebutkan bahwa petinggi ISIS tersebut ikut andil dalam pembantaian di Homs dan pembantaian terhadap Rojava (orang-orang Kurdi di Suriah).

Sementara Rusia sendiri telah menuduh bahwa Turki terlibat dalam perdagangan minyak ilegal dengan ISIS. Menurut para analis, dihancurkannya minyak-minyak curian ISIS sangat merugikan Turki.

“ISIS memiliki uang dalam jumlah yang besar. Ratusan juta bahkan miliaran dollar dari hasil penjualan minyak. Lagipula, mereka dilindungi oleh militer negara-negara pendukung teroris. Itulah mengapa, ISIS bertindak sedemikian berani dan terang-terangan. Mereka berani membunuh orang dengan cara-cara mengerikan seperti itu. Mereka berani melakukan terorisme di seluruh dunia, bahkan di jantung Eropa,” jelas Presiden Vladimir Putin, seperti dilansir RT, (25/11/2015)menanggapi jatuhnya pesawat Su-24 yang ditembak oleh Turki.

Bilal ISIS2Oktober lalu, David Cohen, Wakil Menteri Bidang Terorisme AS menyebutkan, “Menurut informasi yang kami dapatkan, bulan lalu ISIS menjual minyak melalui perantara, termasuk beberapa antaranya berasal dari Turki….”

Menurut Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev, pembeli minyak ilegal ISIS di Turki tidak hanya pengusaha, tetapi para pejabat pemerintahan. Turki melindungi ISIS karena memiliki kepentingan pasokan minyak. Saat ini beberapa kilang minyak Suriah dijarah di wilayah-wilayah yang dikuasai ISIS.

Igor Yushkov, analis politik Rusia menyatakan bahwa operasi perang melawan terorisme yang dilakukan oleh Rusia telah membuat bisnis Turki memasuki saat-saat sulit.

Eldar Kasayev, anggota dewan pakar Russian Oil Industry Union mengatakan bahwa ISIS menjual minyak seharga 15-25 dollar per barrel, jauh lebih murah daripada harga standar minyak dunia yang berkisar 45-50 dollar per barrel. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL