al manar okeBeirut, LiputanIslam.com — Aktivis media sosial menyelenggarakan kampanye solidaritas untuk mendukung TV Al Manar Lebanon, yang siarannya telah diblokir oleh Nilesat-Mesir dan Arabsat-Saudi.

Kampanye ini diluncurkan pada hari Selasa malam melalui tagar #WithManar dalam bahasa Inggris, Arab (# متضامن_مع_المنار), dan Perancis (#AvecManar).

“Hentikan sensor terhadap kebebasan berbicara #WithManar,” cuit @samshugaa.

“Mengutuk pemblokiran terhadap Al Manar yang dilakukan oleh Nilesat dan Arabsat #WithManar,” cuit ‏@_murtazaali.

Seperti diketahui, siaran Al Manar diblokir oleh satelit Arabsat pada 4 Desember 2015, yang keputusan serupa diikuti oleh Nilesat pada tanggal 5 April 2016. Hizbullah mengecam keras keputusan ini, dan dinilai merupakan bukti dendam kesumat Saudi kepada kelompok perlawanan.

Sementara Direktur TV Al Manar Jenderal Ibrahim Farhat menyatakan bahwa Nilesat bertindak mengikuti tekanan politik yang ditujukan pada kelompok perlawanan.

“Mereka menghalangi tekad Al Manar yang ingin menjaga komunikasi dengan pemirsa setia di negara-negara Arab dan Islam. Al Manar selalu mencerminkan nilai-nilai persatuan, tidak seperti sejumlah saluran televisi lain yang penuh dengan hasutan,” paparnya.

Farhat menambahkan, “Al Manar adalah suara dari Bahrain, Saudi, Irak, Suriah, Tunisia, Mesir, dan semua orang-orang Arab dan Muslim. Kami bertekad untuk meneruskan meliput tentang perkembangan di kawasan dan seluruh dunia Muslim.”

Meskipun diblokir, lanjut Farhat, Al Manar akan tetap menyuarakan dukungan untuk Palestina. Nilesat dan Arabsat bisa saja memblokir saluran Al Manar, tetapi pihaknya tetap akan menyuarakan perlawanan terhadap penindasan. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL