Washington,LiputanIslam.com-Sebuah media AS mengungkapkan, sejauh ini upaya pemerintah AS untuk menggulingkan pemerintahan Venezuela gagal. Menurut Washington Post, Venezuela tahu bahwa Donald Trump hanya mengumbar ancaman kosong.

“Pada bulan Januari, pemerintahan Trump memulai upaya serius untuk meyakinkan militer Venezuela, bahwa jika mereka tidak menggulingkan Nicolas Maduro (presiden Venezuela), maka mereka akan dijatuhi sanksi atau menghadapi serangan AS.

“Namun peringatan ini hanya berfungsi sebagai alarm bahaya bagi golongan kiri AS, yang secara terbuka menentang kudeta (di Venezuela). Rusia pun segera bereaksi untuk membantu Maduro dengan mengirim dua pesawat konsultan militer dan perangkatnya ke Venezuela,”tulis Washington Post.

“Hingga saat ini, upaya-upaya tersebut praktis tak membuahkan hasil. Tak satu pun dari para panglima militer Venezuela yang mundur, juga tak ada satu pun pertanda untuk melengserkan Maduro, walaupun para penentangnya masih berdemo di istana kepresidenan.”

Upaya-upaya untuk menggantikan Maduro dengan Juan Guaido pun telah berhenti. Upaya ini sendiri disebut sebagai ‘inovasi’ politik luar negeri terpenting pemerintahan Trump usai upayanya untuk melucuti senjata Korut.

“Venezuela tahu bahwa Trump hanya beromong kosong. AS tak punya opsi militer kredibel untuk Venezuela. Sangat kecil kemungkinan bahwa Trump benar-benar ingin melakukan serangan militer,”tandas Washington Post. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*