Ottawa,LiputanIslam.com-Serangan berulang-ulang Donald Trump terhadap Kanada menyulut kemarahan warga negara tetangga arah utara AS ini. Menurut laporan AFP, warga Kanada menuntut pemboikotan produk-produk impor dari AS dan meminta agar negara mereka memiliki senjata nuklir.

Setelah pemberlakuan tarif bea cukai baja dan alumunium oleh AS dan serangan verbal Trump beserta sejumlah penasihatnya terhadap Justin Trudeau (PM Kanada), warga Kanada bereaksi dengan melakukan sebuah aksi patriotik. Para wakil federal dan partai politik Kanada pada pekan lalu serempak merilis statemen bersama berisi dukungan untuk Trudeau.

Saat Trump mengancam akan menjatuhkan denda kepada sektor otomotif Kanada, beragam seruan untuk memboikot produk-produk AS kian meningkat. Medsos-medsos Kanada mengajak warga untuk tidak membeli saus, kopi, dan mobil AS serta berwisata di dalam negeri ketimbang ke AS.

Seorang warga kota Vancouver, Kanada, dalam laman Twitter-nya mencuit,”Hanya melihat bendera AS di perbatasan saja sudah membuat saya sakit. Saya tidak akan bertamasya ke AS.”

Seorang netizen Kanada memublikasikan foto yang menunjukkan ia memilih membeli stroberi Kanada daripada stroberi AS, walau harganya dua kali lipat lebih mahal.

Meski demikian, untuk saat ini, sulit memperkirakan sejauh mana dampak ekonomi dari pemboikotan produk-produk AS oleh Kanada ini. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*