Madrid,LiputanIslam.com-Jajak pendapat terbaru menunjukkan, bahwa dari aspek keamanan, AS dinilai hampir separuh penduduk Eropa sebagai “sekutu yang tak bisa dipercaya.”

Dilansir dari Sputnik, jajak pendapat ini dilakukan oleh perusahaan riset pasar YouGov, yang bermarkas di Inggris. Namun hasil jajak pendapatnya dipublikasikan oleh harian Spanyol, El Pais.

Berdasarkan hasil jajak pendapat, 45 persen warga Eropa menyebut AS sebagai “sekutu yang tak bisa dipercaya” dari sisi keamanan.

Orang-orang Jerman adalah warga Eropa yang paling banyak menyangsikan persekutuan Eropa-AS. Sebanyak 68 persen dari mereka berpendapat, Eropa tidak bisa hanya mengandalkan AS saja. Hanya 17 persen dari audiens yang menilai Washington masih bisa diandalkan oleh Eropa.

Sebanyak 31 persen audiens memandang China sebagai ancaman. Namun 28 persen meyakini bahwa Beijing bukanlah ancaman bagi mereka.

Jajak pendapat secara online ini diadakan sejak 16 hingga 29 April, Polling ini diikuti oleh 8021 audiens dari Belgia, Prancis, Jerman, Hungaria, Italia, Polandia, Spanyol, dan Swedia. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*