Foto: Reuters/PressTV

Washington,LiputanIslam.com-Berdasarkan sebuah jajak pendapat terbaru di AS, tujuh dari sepuluh warga menganggap identitas nasional mereka telah hilang.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan Associated Press Minggu (5/2), 71 persen rakyat AS percaya bahwa negara mereka telah kehilangan jati dirinya.

Hanya 28 persen peserta dalam jajak pendapat yang berpendapat sebaliknya dan meyakini AS masih memiliki identitas nasionalnya.

Bagi warga AS pendukung Demokrat, Republik, atau pihak netral, jati diri nasional meliputi hal-hal seperti struktur pengadilan yang adil, dominasi undang-undang, kebebasan dalam koridor UUD, kemampuan untuk mencari pekerjaan, dan terwujudnya ‘Mimpi Amerika.’

Terkait masalah imigrasi, sebanyak 47 persen berpendapat bahwa para imigran ilegal adalah ancaman bagi gaya hidup Amerika. Bahkan, 15 persen dari mereka menyatakan, imigrasi legal pun akan menghadapkan AS pada bahaya serupa.

Sekitar 57 persen warga AS meyakini bahwa kaum imigran harus beradaptasi dengan budaya Amerika, sementara 42 persen berpendapat bahwa Amerika harus merubah budayanya lantaran kedatangan para imigran.

Berdasarkan jajak pendapat ini, sikap antiimigran lebih banyak dimiliki pendukung Republik. Hanya 55 persen dari mereka yang setuju menerima imigran yang kabur dari kekerasan, sementara jumlah pendukung topik ini dari Demokrat mencapai 74 persen. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL