Baghdad,LiputanIslam.com-Wapres Irak, Nouri al-Maliki, menyampaikan pesan kepada rakyat Irak, menyusul pengumuman resmi pembebasan Mosul oleh Haider al-Abadi, perdana menteri Irak, Senin kemarin (10/7). Dalam pesan ini, al-Maliki menyatakan, Ayatullah Sistani adalah figur yang paling pantas mendapat ucapan terima kasih pertama kali, sebab fatwa beliau yang mampu menyalakan semangat jihad rakyat dan tentara Irak.

Al-Maliki juga menyampaikan apresiasi terhadap tentara Irak, al-Hashd al-Shaabi, polisi, para komandan lapangan, syuhada, para invalid perang, dan keluarga mereka.

Wapres Irak berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pemerintah Irak dalam membasmi ISIS. Dia mengatakan,”Terlebih dahulu, kami mengapresiasi Republik Islam Iran yang telah membantu Irak secara maksimal. Darah para konsultan Iran telah berbaur dengan darah para pejuang Irak di medan perang.”

Al-Maliki juga memberikan apresiasi kepada koalisi internasional pimpinan Amerika atas dukungan mereka melalui udara di berbagai daerah Irak.

“Pembebasan Mosul dari cengkeraman ISIS adalah jawaban tegas terhadap semua konspirasi dan pemecahbelahan sektarian yang digagas sejumlah negara. Mereka ini telah kalah dalam pertaruhan mereka,”ujar al-Maliki. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL