Seoul,LiputanIslam.com-Menurut laporan Sky News Arabi, Mike Pence, wakil presiden Amerika, telah berada di sebuah pangkalan dekat perbatasan Korut. Kunjungan ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika dan Korut. Hubungan kedua negara ini memanas menyusul niat Pyongyang untuk melakukan uji coba nuklir keenamnya.

Mike Pence tiba di pangkalan militer tersebut dengan helikopter, Senin (17/4). Dia melawat ke Korsel sehari setelah uji coba misil Korut. Media-media menyatakan, uji coba misil Korut ini berakhir dengan kegagalan.

Sehari sebelumnya, Pence menegaskan bahwa komitmen Amerika untuk mendukung Korsel belum pernah sekuat saat ini.

Pence direncanakan akan bertemu dengan PLT presiden Korsel. Hwang Kyo Ahn. Sebelum ini, Trump pernah memperingatkan, dia tak akan menoleransi segala tindakan provokatif yang dilakukan Pyongyang.

Mungkinkah Amerika yang Gagalkan Uji Coba Misil Korut?

Sementara itu, terkait gagalnya uji coba misil Korut, sejumlah pengamat mengutarakan beberapa kemungkinan. Salah satunya adalah intervensi Amerika yang menyebabkan kegagalan peluncuran rudal Korut tersebut.

Telegraph menukil pernyataan dari mantan Menlu Inggris, Malcom Rifkind, ada kemungkinan uji coba itu gagal karena kesalahan teknis. Tapi juga ada kemungkinan bahwa Amerika menyabotase uji coba itu melalui internet.

Menurut para pakar, kemungkinan besar Amerika menggunakan strategi “left of launch” dan gelombang elektromagnetis untuk menggagalkan uji coba tersebut. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL