Washington,LiputanIslam.com-Para pejabat Eropa diberitakan sedang berupaya memberikan respon seragam terhadap keputusan Trump untuk keluar dari kesepakatan nuklir Iran (JCPOA).

Namun, menurut laporan Wall Street Journal, kesatuan sikap Eropa ini terancam oleh pernyataan Emmanuel Macron, presiden Prancis, terkait penyempurnaan JCPOA. Oleh karena itu, negara-negara Eropa meminta agar Prancis menahan diri untuk tidak melontarkan pernyataan tersebut.

Sebelum ini, Amerika berupaya mendorong Eropa untuk meningkatkan tekanan atas Iran. Padahal, sejak dibekukannya embargo pada Januari 2016, nilai perdagangan Benua Biru dengan Iran meningkat drastis. Di lain pihak, nilai perdagangan Iran-Amerika menurun secara signifikan.

Negara-negara Eropa yang menyokong Obama dalam perundingan JCPOA, tengah menyiapkan tanggapan resmi terhadap sikap Trump soal JCPOA. Bentuk tanggapan ini bergantung pada pelaksanaan keputusan Trump.

Wall Street Journal menulis, statemen negara-negara Eropa tidak berisi kecaman terhadap Trump dan hanya menegaskan dukungan penuh kepada JCPOA. Statemen ini kemungkinan akan dirilis beberapa jam setelah Trump menyatakan sikapnya.

Prancis sendiri telah diperingatkan sekutu-sekutunya agar tidak memberi peluang kepada para penentang JCPOA. Mereka ingin tidak ada kesan bahwa Uni Eropa bersikap fleksibel terkait kesepakatan nuklir Iran. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL