NewYork,LiputanIslam.com-Wakil tetap Swedia di PBB memperingatkan potensi berkobarnya perang baru di Gaza. Dia mengatakan, kita semakin dekat menuju perang di Gaza.

Dalam konferensi pers berakhirnya masa kepemimpinan periodik Swedia di DK PBB, Olof Skoog menegaskan, situasi di Gaza kian membahayakan, terutama bagi warga Palestina.

“Kami yakin bahwa kita tiap hari kita semakin menjauh dari perdamaian. Kami telah menentang UU “Negara Yahudi” di Swedia. Kami menilainya sebagai langkah untuk menghindari jalur perdamaian,”kata Skoog.

Terkait proposal perdamaian Donald Trump, yang dikenal dengan “Kesepakatan Abad Ini,” Skoog mengatakan, “Masing-masing kita pernah mendengar sebuah rencana perdamaian. Namun tak satupun yang mengetahui detail dari rencana tersebut. Ada banyak keraguan dalam hal ini.”

Kesepakatan Abad Ini (Deal of Century) adalah ide perdamaian yang diusung Trump untuk menyelesaikan konflik Palestina-Israel. Namun proposal tersebut mengabaikan hak-hak warga Palestina sepenuhnya dan sangat berpihak untuk kepenting Rezim Zionis.

Proposal ini meliputi penyerahan al-Quds sepenuhnya kepada Israel, pencabutan hak pengungsi Palestina untuk kembali, dan disertakannya pemukiman-pemukiman di Tepi Barat kepada Rezim Zionis.

Berdasarkan proposal ini, kawasan yang tersisa dari Tepi Barat akan digunakan untuk membentuk pemerintahan otonom. Kekuasaan Palestina atas Gaza dan sebagian dari utara Sinai juga akan diakui secara resmi. (af/alalam/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*