sayed abbasTeheran, LiputanIslam.com — Wakil Menteri Luar Negeri Iran Sayed Abbas Araqchi mengecam sikap negara-negara anggota OKI atas sikap mereka terhadap Iran dan Hizbullah Lebanon. Menurut dia, sikap tersebut sangat merugikan persatuan Muslim.

“Arab Saudi berupaya untuk mendeskreditkan Iran dan Hizbullah dalam draf deklarasi OKI. Meskipun Iran dan beberapa negara lainnya menunjukkan penolakan, namun deklarasi tersebut disetujui tanpa konsesus. OKI pasti akan menyesal atas sikap yang mereka ambil terhadap Iran dan Hizbullah,” papar Sayed Abbas.

Sayed Abbas melanjutkan, bahwa OKI selalu gagal dalam mengambil sikap netral dalam menangani isu-isu internal dunia Islam.

“Dalam situasi saat ini, OKI secara umum tidak benar-benar menunjukkan kerjasama antara negara-negara Islam dan persatuan di antara kaum Muslimin. OKI gagal untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi dunia Islam,” tambah dia.

Sayed Abbas juga membantah laporan yang menyebutkan ada pertemuan antara Presiden Iran dengan Raja Saudi. Ia menegaskan bahwa tidak ada kontak antara delegasi Iran dan Saudi, baik di tingkat presiden, menteri, ataupun diplomat.

“Kami tidak mengadakan pertemuan dengan Saudi. Masalahnya adalah, kebijakan yang salah harus diperbaiki oleh Saudi, sehingga memungkinkan untuk memulai kembali hubungan antar kedua negara,” tegas Sayed Abbas.

Seperti diketahui, dalam komunike akhir Konferensi OKI, Iran dituduh sebagai negara pendukung terorisme dan melakukan campur tangan berlebihan dalam urusan internal negara-negara di kawasan dan negara anggota lainnya, termasuk Bahrain, Yaman, Suriah, dan Somalia, dan dukungan terhadap terorisme.

Yang menjadi ironi, Saudi yang merupakan pendukung dan telah bekerjasama dengan berbagai kelompok teroris di Suriah, Irak, bahkan di Iran sama sekali tidak disorot. Selain itu, krisis Yaman yang terjadi hari ini juga disebabkan karena negara monarkhi ini menggempur Yaman sejak Maret 2015 lalu. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL