Caracas,LiputanIslam.com-Wakil presiden Venezuela pada Rabu (20/2) mengumumkan, negaranya telah menutup perbatasannya dengan negara-negara kepulauan tetangganya, membekukan jalur penerbangan mereka, dan akan mengkaji ulang hubungan diplomatik dengan mereka.

Tindakan ini diambil Caracas menyusul kesediaan negara kepulauan Curacao di Laut Karibia untuk menjadi pusat distribusi bantuan-bantuan kemanusiaan untuk Venezuela.

“Venezuela memutuskan untuk tidak hanya menutup perbatasan dengan negara-negara ini saja, tapi juga akan merevisi hubungan dengan mereka. Keputusan ini akan terus berlaku selama pemerintah mereka enggan mematuhi peraturan internasional dan menghormatinya,”kata Delcy Rodriguez.

Sebelum ini, berdasarkan kutipan Reuters dari salah seorang pejabat lokal, pemerintah Venezuela telah membuka kembali perbatasan laut dengan Kepulauan Dutch Antilles, setelah sempat ditutup selama satu hari.

Caracas menutup perbatasan usai Dutch Antilles memutuskan untuk mendirikan pusat logistik di pulau Curacao guna mengirimkan bantuan ke Venezuela. Namun belum diketahui secara pasti alasan utama Venezuela menutup perbatasannya.

Nicolas Maduro (presiden Venezuela) sebelum ini menolak tawaran bantuan kemanusiaan dari AS yang telah dikirim ke Kolombia. Menurut Maduro, bantuan itu adalah konspirasi untuk menggulingkan pemerintahannya. (af/alalam/tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*