Teheran,LiputanIslam.com-Mantan menlu Iran menanggapi isu soal bantuan rudal Iran kepada kelompok Houthi. Ali Akbar Velayati menegaskan, Iran tidak memasok rudal untuk Yaman, karena mereka sudah memiliki persenjataan cukup di masa Ali Abdullah Saleh dan Mansour Hadi, bahkan sebelum itu saat dipersenjatai Blok Timur.

“Kami tidak khawatir dunia tahu bahwa Iran memasok senjata kepada Irak, Suriah, dan Lebanon untuk melawan ISIS dan teroris. Untuk Yaman, Iran hanya memberi bantuan kemanusiaan dan dukungan politik, bukan rudal,”kata Velayati dalam wawancara dengan kanal al-Alam.

Menurutnya, Yaman tidak membutuhkan bantuan rudal, karena dengan fasilitas yang ada, mereka mampu melawan agresi Saudi dan akan menang dengan fasilitas tersebut.

Velayati menuturkan, rakyat Yaman memiliki 90 juta pucuk senjata. Jumlah ini diperoleh lantaran banyaknya perang yang dilakoni negara tersebut, juga dari hasil pembelian serta perampasan senjata ringan dan berat dari pasukan Hadi.

“Artinya, tersedia tiga pucuk senjata untuk satu orang Yaman. Negara ini membutuhkan tekad kuat untuk menghadapi musuh, dan itu sudah dimiliki para pejuang Houthi,”jelas Velayati.

Yaman, kata Velayati, akan menjadi ‘Vietnam’ bagi Saudi. Apa yang terjadi atas Amerika di Vietnam, akan terulang bagi Saudi di Yaman.

“Saudi tidak lebih kuat dari Amerika, dan Yaman juga tidak lebih lemah dari Vietnam. Rakyat Yaman pasti akan menang dalam perang ini,”tandas Velayati. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*