Teheran,LiputanIslam.com-Mantan menlu Iran, Ali Akbar Velayati, berbicara tentang perkembangan yang terjadi di kawasan Timteng. Menurutnya, semua pihak tengah menyaksikan kemenangan beruntun Iran dan sekutunya di kawasan. Contohnya adalah Mosul yang telah dibebaskan dari ISIS dan kembali ke pangkuan bangsa Irak.

“Suriah juga terus meraih kesuksesan kendati dihantam konspirasi Amerika dan Israel. Iran tetap mendukung garis muqawamah (resistansi) seperti sebelumnya,”papar Velayati.

Dia menambahkan, mereka yang dahulu bernafsu melengserkan Bashar Assad, kini berupaya mencari cara agar bisa berunding dengan pemerintahan sah Assad.

Terkait isu pemeriksaan Amerika terhadap kawasan militer Iran, Velayati menegaskan, angan-angan Amerika mustahil terwujud ibarat pungguk merindukan bulan.

“Dengan dalih JCPOA atau selainnya, kita tak akan mengizinkan Amerika memeriksa kawasan-kawasan militer Iran. Ocehan Trump hanya untuk dikonsumsi internal Amerika, karena dia tidak memiliki harga dan martabat di Timteng,”kata Velayati.

Velayati menyatakan, ada semacam perpecahan di tengah para musuh Iran dan kaki tangan Amerika di Timteng. “Penyebabnya adalah kekalahan yang mereka derita dari kelompok resistansi. Sebab itu, mereka saling menyalahkan satu sama lain,”tandasnya. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL