Teheran,LiputanIslam.com-Seorang pejabat senior Iran menyatakan, negaranya tidak akan menerima syarat apa pun yang diajukan Eropa soal kesepakatan nuklir (JCPOA). Hal ini disampaikan Ali Akbar Velayati setelah bertemu dengan utusan khusus Prancis untuk urusan Suriah.

Velayati di depan para wartawan menegaskan, Eropa harus lebih cermat dalam mengajukan permintaan mereka kepada Iran. “Ketika mereka mengatakan, kami siap menerima JCPOA, tapi harus ada pembicaraan soal kehadiran regional Iran atau program rudal kita, itu sama saja dengan menentukan syarat untuk JCPOA. Iran tidak akan menerimanya dengan alasan apa pun,”ujar Velayati.

Mantan menlu Iran ini mengingatkan, JCPOA tidak memiliki syarat apa pun. Menurutnya, ini adalah perjanjian yang telah ditandatangani Iran dan negara-negara 5+1 yang harus dijalankan sesuai kesepakatan.

“Eropa tidak berhak membatasi kehadiran Iran di kawasan. Kami berada di kawasan ini dan berhak menjalin kerjasama dengan negara-negara tetangga,”lanjut Velayati.

Dia menyatakan, kehadiran Iran di Irak dan Suriah bukan hal ilegal, karena memang kedua negara itu yang mengundang Iran sebagai konsultan.

“Berbeda dengan negara-negara Eropa yang tidak pernah diundang ke Irak, tapi malah berusaha mendikte warganya,”tandas Velayati. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL