Suriah,LiputanIslam.com—Duta Suriah untuk PBB, Bashar al-Ja’fari nyatakan koalisi pimpinan AS yang dianggap melawan kelompok teroris takfiri Daes justru menargetkan infrastruktur Suriah dan melindungi kelompok teroris. Hal ini ia sampaikan dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang situasi di Suriah, Rabu (12/04).

DK PBB dijadwalkan untuk melakukan pemilihan atas resolusi yang dirancang oleh Inggris, Prancis, dan Amerika yang mendesak pemerintah Damaskus agar bekerjasama untuk menyelidiki serangan senjata kimia yang terjadi di Suriah. Rusia diperkirakan akan memveto resolusi tersebut.

Resolusi terbaru itu adalah hasil revisi dari tiga naskah yang diusulkan oleh London, Paris, dan Washington pekan lalu. Naskah tersebut mengutuk serangan gas yang terjadi di kota Khan Shaykhun, Provinsi Idlib, Suriah, pada 4 April dan menuntut agar dilakukan penyelidikan penuh atas peristiwa itu.

Ja’fari sudah menekankan bahwa pemerintah Damaskus tidak memiliki senjata kimia apapun.

Ia menambahkan bahwa serangan kimia tersebut ditujukan untuk menghambat progres yang telah dibuat dalam negosiasi intra-Suriah yang diadakan oleh Iran, Rusia, dan Turki di ibukota Astana awal tahun ini. Negosiasi tersebut berusaha untuk mengakhiri kelompok militan yang disponsori asing dan telah mencengkeram Suriah sejak 2011.

Utusan Suriah tersebut menyatakan bahwa Suriah mengundang OPCW (Organisasi Pelarangan Senjata Kimia) untuk melakukan investigasi atas serangan kimia tersebut. Ia menegaskan bahwa negaranya ingin menemukan pelaku serangan.

Ja’fari mengatakan bahwa Barat dan beberapa negara teluk mensuplai teroris untuk berperang di Suriah menggunakan senjata kimia.

Kemudian ia menambahkan bahwa negaranya telah menyampaikan kepada PBB tentang kelompok teroris yang memiliki senjata kimia.

Duta Suriah tersebut juga menambahkan bahwa senjata penghancur dulunya juga pernah digunakan untuk melakukan invansi atas Iraq. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL