Suriah,LiputanIslam.com—Utusan khusus untuk Suriah, Staffan de Mistura, menyampaikan pada Kamis (11/05) bahwa babak baru Perundingan tentang Suriah akan diselenggarakan di Jenewa pada 16-19 Mei mendatang.

“Kami sedang mempersiapkan babak baru perundingan intra-Suriah yang akan dilaksanakan minggu depan. Mereka akan memulainya pada 16 Mei. Kami targetkan perundingan tersebut akan berakhir pada 19 Mei,“ucap utusan PBB tersebut. Ia mengatakan bahwa babak baru ini “akan menjadi seperti pertemuan bisnis, lebih singkat dibandingkan pertemuan-pertemuan lainnya.

“Kami menggunakan pendekatan yang lebih mirip pertemuan bisnis,” katanya, menandai bahwa masa depan “putaran bisa mulai menjadi seperti bisnis”.

Ia menjelaskan alasan membuat babak baru perundingan ini menjadi lebih pendek, salah satunya karena Ramadan akan segera dimulai.

Ia mengatakan bahwa pembicaraan antara delegasi akan diadakan dalam format yang sama, sehingga bisa lebih maju. De Mistura juga memuji hasil perundingan Suriah di Astana pada 2-3 Mei yang benar-benar menjanjikan. “Kami ingin menghubungkan sebanyak mungkin hasil perundingan tersebut dengan persoalan politik yang ada.” Tambahnya. (fd/AMD)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL