Tehran,LiputanIslam.com—Presiden Iran, Hassan Rouhani, mengatakan pada Minggu (14/1) bahwa upaya Amerika untuk melemahkan persetujuan nuklir Iran yang terangkum dalam perjanjian JCPOA, telah menemui kegagalan. Ia mengatakan bahwa peristiwa ini adalah kemenangan jangka Panjang bagi Iran. Hal ini disampaikan oleh Rouhani melalui pidatonya yang disiarkan langsung oleh stasiun TV pemerintah Iran.

Sebelumnya, Amerika mengancam akan memberikan sangsi ekonomi atas aktivitas nuklir Iran serta melanggar perjanjian yang telah ditandatangani oleh Iran dan beberapa negara besar bahwa Iran boleh mengembangkan program nuklir dengan tujuan damai. Karenanya, sangsi ekonomi yang sebelumnya diberlakukan untuk Iran, secara berangsur-angsur, akan dicabut.

Namun, kebijakan Amerika itu mendapatkan perlawanan dari semua negara terlibat dalam JCPOA. Mereka mengecam tindakan Trump yang dianggap terlalu berlebihan. Hingga kini, Trump mengurungkan niatnya untuk memberikan sangsi ekonomi terhadap Iran. (fd/al-alam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*