Sana’a,LiputanIslam.com—UNICEF mengumumkan, Senin (8/10), hampir setiap anak di Yaman sedang membutuhkan bantuan internasional.

Perang di Yaman saat ini tengah memasuki tahun ke-4. Perang itu telah  menyebabkan hancurnya ekonomi nasional, memburuknya pelayanan publik, kurangnya pangan dan obat-obatan, ambruknya anggaran publik, inflasi tinggi, kemiskinan yang semakin dalam. Semua itu, tentu saja berdampak pada krisis nutrisi yang mengancam nyawa ribuan anak-anak di negara itu.

Dalam sebuah pernyataan resmi, UNICEF mengatakan bahwa mereka telah melanjutkan siklus ketiga bantuan uang tunai di seluruh Yaman. “Hampir 1,5 juta keluarga termiskin di Yaman – sekitar 9 juta orang – akan mendapat manfaat dari bantuan tunai darurat dengan dana murah dari Bank Dunia,” ucap organisasi dunia tersebut.

“Hampir setiap anak di negara ini [Yaman] sedang membutuhkan bantuan di tengah ancaman kelaparan yang serius dan terulangnya wabah penyakit termasuk difteri, kolera dan diare berair akut,” UNICEF menekankan.

“Konflik sengit” yang kini tengah terjadi di Yaman telah menyebabkan lebih dari 6.000 anak-anak meninggal dan menderita luka-luka dalam kurun waktu tiga setengah tahun terakhir. “Konflik hampir melumpuhkan infrastruktur vital seperti air, sanitasi dan kesehatan.” UNICEF menambahkan. (fd/memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*