Baghdad,LiputanIslam.com-Negara-negara Mesir, Yordania, dan UEA turut serta melakukan blokade udara atas Kurdistan Irak. Hal ini dilakukan atas permintaan dari Baghdad. Maskapai Fly Dubai mengumumkan, pihaknya akan membatalkan semua penerbangan dari dan ke Arbil mulai Sabtu nanti (30/9). Maskapai milik Mesir, Egypt Air, juga dilaporkan akan menghapus jadwal penerbangan menuju Arbil pada Jumat besok (29/).

Yordania juga menyatakan, penerbangan menuju Arbil dan Sulaimaniyah Irak akan dibatalkan mulai pukul 18 Jumat nanti.

Sebelum ini, pemerintah Irak telah mengabarkan penundaan jadwal terbang dari bandara Arbil dan Sulaimaniyah. Maskapai-maskapai Irak meminta agar negara-negara lain membatalkan semua penerbangan menuju daerah Kurdistan. Permintaan Baghdad diajukan setelah pejabat Kurdistan menolak tenggat waktu dari pemerintah pusat.

Seperti diketahui, Baghdad memberi tenggat waktu 72 jam kepada Kurdistan untuk menyerahkan kontrol bandara dan perbatasan kepada pemerintah pusat. Tenggat waktu ini diberikan menyusul dilangsungkannya referendum disintegrasi Kurdistan yang dinilai ilegal oleh Baghdad.

Sebelum ini, Iran dan Turki juga telah menutup perbatasan mereka dengan Kurdistan atas permohonan Irak. Di pihak lain, Qatar menyatakan bahwa selama jalur udara di kawasan Kurdistan masih dibuka dan tidak ada masalah keamanan, jadwal penerbangan dari Qatar ke Kurdistan akan berjalan seperti biasa. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL