Abu Dhabi,LiputanIslam.com-Anwar Gargash, Menteri Konsultan Bidang Luar Negeri Emirat, menyatakan, “Inti problem kami dengan Qatar adalah dukungannya terhadap ekstremisme dan terorisme. Dirilisnya daftar terorisme adalah kesempatan bagi Doha untuk mengkaji ulang kebijakan-kebijakannya.”

Melalui pesan yang diunggal dalam akun Twitter-nya ini, Gargash menambahkan,”Jalur diplomasi adalah solusi bagi Qatar untuk mengatasi krisis hubungan dengan negara-negara tetangganya, bukan dengan minta bantuan Iran dan Turki.”

Gargash mengklaim, tujuannya bukan untuk meningkatkan ketegangan, tapi melenyapkan kejahatan yang telah menargetkan kawasan. Solusi alternatifnya adalah memisahkan front moderat dari front provokatif.

“Sungguh berat berteman dengan sekutu yang prinsipnya adalah menciptakan masalah bagi para sekutunya,”ujar Gargash.

Baru-baru ini, sejumlah negara Arab, terutama Arab Saudi, UEA, Mesir, dan Bahrain telah memutus hubungan diplomatik dengan Qatar. Doha dituduh mendukung kelompok-kelompok teroris, menyebarkan terorisme di Timur Tengah, dan menyiarkan propaganda atas negara-negara tetangganya.

Dalam langkah terbarunya, empat negara ini merilis deklarasi yang memasukkan 59 tokoh dan 12 lembaga Qatar dalam daftar terorisme. Salah satu tokoh yang diklaim sebagai pendukung teroris adalah Yusuf Qardhawi, mufti asal Mesir yang tinggal di Qatar. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL