AbuDhabi,LiputanIslam.com-Menteri Penasihat Urusan Luar Negeri UEA menyebut Qatar telah memperburuk kemelut yang ada, juga menghilangkan peluang untuk mewujudkan mediasi.

Kantor berita al-Alam melaporkan, Anwar Qarqash dalam akun Twitter-nya menulis,”Krisis Qatar bisa diprediksikan dan sikap Doha adalah penyebab krisis ini. Buruknya manajemen Qatar telah membuat krisis kian berlarut-larut.”

Menurutnya, Qatar kebingungan dalam menangani kemelut yang terjadi dan tidak memiliki manajemen krisis yang baik. Doha disebutnya tidak punya strategi relevan dan tidak memerhatikan kepentingan warga Qatar.

“Sikap Qatar telah melenyapkan jembatan mediasi. Semestinya Qatar menyikapi krisis ini secara serius. Namun Doha dengan pernyataan kebijakannya terkait Iran dan Yaman telah memperburuk kondisinya,”ujar Qarqash.

Qatar pada hari Rabu (23/8) mengumumkan akan mengembalikan dubesnya ke Teheran. Sebelum ini, dubes Qatar sempat dipanggil pulang pada Januari tahun lalu.

Kemenlu Qatar dalam pernyataannya mengungkapkan, Doha ingin memperkuat hubungan dengan Iran dan memperluasnya dalam berbagai bidang.

Bahram Qassemi, jubir kemenlu Iran, menyatakan Teheran menyambut baik niat Doha untuk memulihkan hubungan diplomatik ini. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL