Washington,LiputanIslam.com-Donald Trump di rapat pertama kabinetnya pada tahun 2019 mengatakan sesuatu tentang kekuatan Iran di Suriah, yang segera menjadi tajuk utama media-media Israel.

Sehari setelah Mike Pompeo (menlu AS) mengatakan kepada Benyamin Netanyahu bahwa Washington tetap bekerjasama dengan Tel Aviv dalam menghadapi pengaruh Teheran di Suriah, Trump, untuk kali kedua dalam satu bulan terakhir, membuat syok para pejabat Rezim Zionis.

Setelah mengejutkan Israel pasca keputusan mendadak untuk menarik pasukan AS dari Suriah, Trump di akhir rapat pada Rabu malam (2/1) mengatakan,”Jujur saja, mereka (Iran) bisa berbuat sesuka hati mereka di Suriah.”

Ucapan ini dikatakan Trump saat ditanya wartawan tentang konsekuensi keluarnya AS dari Suriah di saat Iran eksis di negara tersebut.

Harian Times of Israel memajang ucapan Trump sebagai headline hari ini (Kamis,3/1). Harian ini menulis:”Dengan kalimat ini, presiden AS praktis telah membebaskan Iran untuk meningkatkan pengaruhnya di Suriah.”

Sama-sama memasang headline serupa, Yedioth Ahronoth menulis:”Dengan ucapan ini, Trump menunjukkan bahwa setelah pasukan AS keluar dari Suriah, dia tak ingin ikut campur dalam aktivitas Iran di negara ini.” (af/yjc)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*