Seoul,LiputanIslam.com-Berdasarkan laporan Reuters yang dikutip dari jaringan radio-televisi Korsel (KBS), Korut baru-baru ini telah memindahkan sejumlah rudal dari situs rudal di Pyongyang.

Laporan KBS ini dirilis di tengah merebaknya rumor terkait persiapan Korut untuk melakukan sejumlah aksi provokatif lainnya.

Menurut kutipan dari sebuah sumber intelijen anonim, biro rahasia Amerika dan Korsel mengetahui kabar pemindahan rudal ini dari sebuah pusat riset rudal Korut di utara Pyongyang.

KBS tidak merinci lebih jauh waktu dan tempat pemindahan rudal-rudal Korut tersebut.

Menurut KBS, rudal-rudal yang dipindahkan itu bisa jadi merupakan rudal jarak menengah Hwasong 12 atau rudal antarbenua Hwasong 14.

Korsel memprediksi, Korut pada bulan depan akan melakukan sejumlah aksi provokatif lain. Aksi-aksi itu diklaim akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan pembentukan partai komunis Korut dan rapat kongres partai komunis China.

Penasihat keamanan Korsel dalam pertemuannya dengan Moon Jae-in, presiden Korsel, pada Kamis (28/9) menyatakan, Korut diduga akan melakukan aksi-aksi provokatif antara 10-18 Oktober. Namun dia tidak memberi penjelasan lebih rinci terkait hal ini. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL