Ankara,LiputanIslam.com-Kementerian Luar Negeri Turki pada hari Senin (16/10) menyatakan, Ankara bersedia membantu pemerintah pusat Baghdad untuk membasmi milisi dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di kawasan Kirkuk.

Kementerian Luar Negeri Turki mengapresiasi statemen pemerintah Irak terkait PKK. Baghdad menyatakan bahwa kehadiran PKK di Kirkuk sama saja dengan ‘pernyataan perang.’

Berdasarkan laporan situs Daily Sabah, dalam statemen Kemenlu Turki disebutkan bahwa Ankara mencermati langkah-langkah yang diambil Baghdad untuk mengembalikan pemerintahan sahnya di Kirkuk, menyusul dilangsungkannya referendum disintegrasi Kurdistan Irak beberapa waktu lalu.

Ankara juga diberitakan menyambut baik upaya pemerintah pusat Irak untuk mengembalikan perdamaian dan stabilitas ke Negeri Seribu Satu Malam ini.

Pemerintah Turki memperingatkan Kurdistan agar jangan mengizinkan PKK eksis di Kirkuk dan membuat pangkalan di kawasan tersebut. Menurut Ankara, jika hal itu dilakukan, berarti Kurdistan melakukan ‘kesalahan besar’ lain setelah kesalahan sebelumnya (referendum disintegrasi). (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL