Teheran,LiputanIslam.com-Juru bicara Kemenlu Iran, Bahram Qassemi, menepis pernyataan presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, baru-baru ini. Qassemi mengatakan,”Sangat disayangkan bahwa Turki masih terus mengeluarkan pernyataan tak berdasar terhadap para tetangganya. Dengan menuduh pihak lain dan mengulang-ulang klaim kosong, Turki berusaha menjustifikasi kebijakan invasi dan intervensinya.”

Sebelum ini, deputi PM Turki menyatakan, akan ada gelombang tiga juta imigran negara-negara asing di Iran yang akan membanjiri Turki dan Eropa.

“Iran sudah menjadi tuan rumah bagi jutaan imigran dari negara-negara tetangga selama 30 tahun lebih. Semestinya Turki harus belajar dari Iran cara menjamu jutaan imigran selama tiga dekade lebih. Jangan sampai mereka menyalah gunakan topik kemanusiaan ini demi tujuan-tujuan politis,”ujar Qassemi.

Jubir Kemenlu Iran meminta agar para pejabat Turki tidak mencampur adukkan urusan kemanusiaan dengan pertikaian politik. Turki diharapkan untuk menghormati rakyat Irak dan Suriah yang telah memilih pemerintahan mereka sendiri.

“Iran menganggap penghormatan terhadap kedaulatan negara tetangga sebagai opsi terbaik untuk meningkatkan hubungan antarnegara. Alih-alih menuduh pihak lain, Iran berpendapat bahwa dialog adalah solusi untuk memperkuat hubungan,”pungkasnya. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL