Suriah,LiputanIslam.com—Sumber-sumber lokal menyebutkan beberapa anggota kelompok militan yang terbunuh dan mendapatkan luka parah setelah bertempur melawan Tentara Suriah (SDF) di Utara Aleppo mendapatkan bantuan dari Ankara.

Kelompok militan telah kalah telak pada babak awal pertempuran di desa-desa wilayah al-Shahba dan pasukan artileri mereka telah diberangus oleh SDF di desa al-Vahshiyeh, Tal Madhiq, al-Shahba dam, Qolsarouj, dan al-Samouqeh.

Pada babak kedua pertempuran, Ankara membantu kelompok militan yang menargetkan desa al-Vahshiyeh, al-Shahba dam, al-Sha’aleh, Tal Jihan, al-Hiseh, Tal Madhiq, Harbal, Tal Rifat, Sheikh Issa, al-Vardiyeh, Hasajak, Ein Daqneh, dan Ming.

Para pejuang Kurdi terlibat dalam pertempuran hebat melawan kelompok militan yang dibantu Ankara dan membalikkan serangan mereka di al-Shahba dam, berhasil membunuh empat orang dan melukai 11 anggota militan dalam pertempuran di Desa al-Hiseh dan al-Samouqeh.

Sumber tersebut juga menambahkan bahwa 20 tentara Kurdi terbunuh oleh serangan jet tempur Turki di bukit Qarjou di wilayah Diarbakr dan Shinkal.

Sumber-sumber lokal di Suriah dan Iraq menguatkan, pada Selasa, bahwa rumah-rumah sipil dan posisi para tentara Kurdi telah menjadi target pewasat udara Turki.

Sumber-sumber tersebut menjelaskan bahwa sekalipun tentara Turki mengklaim menargetkan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), tetapi beberapa putaran bom berat yang dibawa oleh jet temput Turki justru dilakukan di Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) dan daerah pemukiman di Irak dan Suriah.

Tentara Turki mengumumkan, pada Selasa, bahwa pesawat udara mereka membawa beberapa bom dan menyerang posisi PKK di Iraq dan Suriah.

Sumber-sumber lokal membantah klaim tersebut dan mengatakan bahwa pesawat tempur Turki tidak menargetkan PKK, tetapi membom  posisi Pishmarga, YPG, dan wilayah penduduk, serta menyebabkan sejumlah besar orang meninggal dunia dan mengalami luka-luka. (fd/Fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL