Washington,LiputanIslam.com-Situs AS, Lobelog, dalam laporannya menyatakan, putra mahkota Saudi termasuk dari sedikit orang yang tak akan dikritik Donald Trump.

Dalam artikel yang ditulis oleh Joe Cirincione disebutkan, ada dua orang yang tak akan dikritik Trump, yaitu Vladimir Putin (presiden Rusia) dan Stormy Daniels (aktris film dewasa). Namun Muhammad bin Salman juga bisa ditambahkan dalam daftar ini.

Meski kunjungan MbS ke AS sudah mendekati akhir, namun Trump masih saja bungkam soal statemen putra mahkota Saudi di televisi AS. MbS dalam wawancara dengan televisi CBS mengatakan, jika Iran membuat bom nuklir, Saudi pun akan segera membuatnya. Hingga kini, pemerintah AS belum mengucapkan sepatah kata pun untuk memprotes pernyataan MbS.

Menurut Cirincione, tidak ada pengecualian dalam Perjanjian NPT (Non-Proliferation Treaty) yang juga ditandatangani Saudi. Berdasarkan hukum internasional, tak ada izin untuk membuat bom nuklir secara bebas.

Kebijakan untuk menghadapi ancaman bom nuklir telah dimulai sejak awal era nuklir. Kongres AS di tahun 1946 mengesahkan UU Energi Nuklir yang mencegah transfer teknologi nuklir ke pihak ketiga, termasuk Inggris sekalipun. Kendati Inggris adalah sekutu kunci AS dalam Proyek Manhattan yang berujung pada produksi senjata nuklir pertama, namun saat London di tahun 1940 mengumumkan akan membuat bom nuklir, presiden AS saat itu, Harry Truman, menolak membantu Inggris.

Saudi tidak memiliki kemampuan teknis untuk memproduksi bom nuklir. Tapi negara ini memiliki program besar untuk memproduksi energi nuklir yang telah dimulai, dan bisa menjadi fondasi program persenjataan nuklir Saudi di masa depan. Jika masih ada keraguan soal tujuan dari program tersebut, statemen MbS sudah cukup untuk menepis keraguan itu.

Di akhir artikelnya, Cirincione menulis,”Jangan sampai milyarder Saudi ini pulang ke negaranya dengan kesimpulan keliru bahwa AS mendukung programnya untuk mengembangkan senjata nuklir di Timur Tengah.” (af/yjc/lobelog)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL