Washington,LiputanIslam.com-Presiden AS melalui akun Twitter-nya menyampaikan terima kasih kepada Saudi. Di saat yang sama, Donald Trump berharap agar harga minyak terus turun.

“Hebat, harga minyak sudah turun. Ini sama seperti berkurangnya pajak dalam jumlah besar untuk AS dan dunia. Minyak seharga 82 dolar sekarang menjadi 54 dolar. Terima kasih untuk Saudi. Tapi tolong biarkan harga semakin turun,”cuit Trump.

Tweet ini tersebar usai Trump tetap menyatakan dukungan kepada Saudi, kendati Muhammad bin Salman dituduh sebagai tersangka utama pembunuhan Jamal Khashoggi. Trump mengaku, dia tetap mendukung Saudi guna menjaga harga minyak tidak naik.

Sejumlah pengamat berpendapat, dukungan Trump kepada Riyadh adalah pendahuluan untuk mencegah Saudi mengurangi produksi minyak pada pertemuan negara-negara anggota OPEC dan non-OPEC bulan depan.

Pembunuhan Khashoggi, kolomnis Washington Post dan jurnalis Saudi yang tinggal di AS, telah mempermalukan Washington.

Pembunuhan ini juga merusak upaya Bin Salman untuk menampakkan bahwa negaranya telah membuka diri terhadap segala bentuk reformasi.

CIA berkesimpulan bahwa Khashoggi dibunuh atas perintah putra mahkota Saudi. Kesimpulan ini adalah pukulan telak bagi penguasa Riyadh saat ini, karena menyeretnya ke jantung sebuah skandal besar. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*