Washington,LiputanIslam.com-Donald Trump dalam pidatonya di kota Wilkes-Barre, Pennsylvania, AS, menyebut bahwa NATO lebih menguntungkan Eropa daripada AS. Di hadapan para pendukungnya pada Kamis (2/8) waktu setempat, dia mengklaim, AS kini fokus untuk merekonstruksi diri setelah bertahun-tahun merekonstruksi negara-negara lain.

Trump juga menyinggung pertemuannya dengan presiden Rusia dan menyebutnya sebagai “pertemuan luar biasa.”

Terkait kritikan tajam media terhadap kinerjanya dalam jumpa pers bersama Putin, Trump berkata bahwa media-media AS menghendaki pertemuannya dengan Putin sebagai sebuah pertandingan tinju.

Meski Putin dalam jumpa pers itu mengatakan bahwa dia lebih suka Trump memenangi pilpres, bukan Hillary Clinton, namun Trump kembali mengklaim bahwa Rusia “sangat tidak menyukai” kemenangannya di pilpres 2016.

Dalam pidatonya, dia kembali menyebut keluarnya AS dari JCPOA sebagai salah satu keberhasilannya.

“Saya telah mengeluarkan AS dari kesepakatan nuklir mengerikan dan berbiaya besar dengan Iran. Saya berharap segalanya antara kita dan Iran akan baik-baik saja. Namun saya tegaskan lagi, mereka (Iran) saat ini jauh berbeda dengan empat bulan lalu,”ujarnya.

Sejak awal masa pemerintahannya, Trump mengambil kebijakan-kebijakan anti-Iran. Namun dalam beberapa waktu terakhir, dia seolah ‘bersikap lunak’ terhadap Iran.

Dalam jumpa pers bersama PM Italia beberapa waktu lalu, Trump mengaku siap berunding “tanpa syarat” dengan Iran. Padahal beberapa hari sebelumnya, dia mengunggah cuitan yang berisi ancaman untuk Iran.

Sebagian pakar menilai, Trump berusaha mengulangi tindakan serupa terhadap Korut, yang secara lahiriah tampak mendatangkan hasil baginya.

Meski demikian, banyak pakar dan media AS yang mengingatkan, bahwa Iran tidak bisa disamakan dengan Korut.

Hal ini sendiri ditegaskan Mohammad Ali Aziz Jaafari, komandan IRGC. Dia pada Rabu (1/8) mengatakan,”Trump, Iran bukan Korut yang bersedia memenuhi undanganmu untuk berunding.” (af/alalam/tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*