Washington,LiputanIslam.com-Presiden AS, dengan cara merendahkan, meminta para sekutunya di Timur Tengah menurunkan harga minyak. Donald Trump menyatakan, negara-negara itu tak sanggup menjamin keamanannya sendiri tanpa bantuan dari AS.

“Kami (AS) melindungi negara-negara Timur Tengah. Tanpa kami, keamanan mereka tak akan langgeng. Meski begitu, mereka terus berusaha menaikkan harga minyak! Kami akan mengingatnya. OPEC seharusnya menurunkan harga minyak,”cuit Trump dalam akun Twitter-nya.

Sebelum ini, Trump, dalam pernyataan yang ditujukan kepada Saudi dan sejumlah negara Arab lain, mengatakan bahwa andai bukan karena dukungan AS, pemerintahan mereka tak bisa bertahan dan akan segera runtuh.

Sebagai imbalan atas jaminan keamanan dari AS, negara-negara Arab itu diminta mendanai perang-perang AS di kawasan. Mereka juga diharapkan meningkatkan produksi minyak guna mencegah naiknya harga Emas Hitam di pasar dunia.

Pasca keluarnya AS dari JCPOA dan pemberlakuan sanksi baru atas Iran, para pakar memperingatkan kemungkinan pasar minyak dunia akan guncang. Hal ini, kata mereka, bisa menyebabkan naiknya harga minyak. Sebab itu, Washington terpaksa membebaskan sejumlah cadangan strategis minyaknya.

Bagi kalangan menengah AS, harga minyak dan solar sangat penting. Kenaikan harga keduanya bisa memengaruhi pemilu tengah-periode yang akan berlangsung beberapa pekan lagi. Jika Trump kehilangan mayoritas Republik di Kongres, dia cemas akan menghadapi tuntutan interpelasi dari Demokrat. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*