Washington,LiputanIslam.com-Donald Trump pada Sabtu (29/12) melalui akun medsosnya menyatakan, Gedung Putih masih menanti kesepakatan dengan Partai Demokrat terkait pembangunan tembok di perbatasan Meksiko.

“Saya menunggu Demokrat di Gedung Putih untuk terjalinnya kesepakatan soal tembok pengaman. Menurut yang saya dengar, mereka menghabiskan banyak waktu untuk menyakiti presiden, namun menghabiskan sedikit waktu untuk hal-hal seperti tentara kita dan penghentian kriminal,”cuit Trump dalam laman Twitter.

Pemerintahan AS mengalami kondisi “shutdown” sejak Sabtu pekan lalu, menyusul penolakan senator dari Demokrat terhadap anggaran 6 milyar dolar yang diajukan Trump. Anggaran sebesar ini diperuntukkan untuk membangun tembok penghalang di perbatasan AS-Meksiko.

Dengan kondisi shutdown ini, aktivitas nonvital pemerintah, termasuk di 9 departemen, telah dihentikan. Ratusan ribu karyawan tidak akan menerima gaji sampai ditentukannya draf anggaran baru untuk pemerintah.

Pada malam Natal lalu, Trump juga mengutarakan keluhan melalui akunnya. Menurutnya, dia masih menanti Demokrat mengubah keputusan mereka terkait penentuan anggaran untuk proyek tembok perbatasan.

Pembangunan tembok di perbatasan Meksiko, dengan dalih mencegah masuknya imigran gelap, adalah salah satu janji kampanye Trump. Saat itu, dia menegaskan bahwa Meksiko harus membiayai pembangunan tembok tersebut. Namun, dengan adanya penolakan dari pemerintah Meksiko, kini Trump memaksa Kongres AS untuk mengkhususkan anggaran proyek ini. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*