TelAviv,LiputanIslam.com-Kanal 21 Israel pada Minggu (14/4) melaporkan, Donald Trump memperingatkan Benyamin Netanyahu untuk mengurangi tingkat hubungan dengan China. Peringatan ini disampaikan saat keduanya bertemu di Gedung Putih 26 Maret lalu.

Trump mengancam, jika permintaan ini tak dipenuhi, hubungan AS-Israel bisa terdampak.

Dalam beberapa bulan terakhir, para petinggi AS bicara soal China dengan Israel. Topik ini disampaikan John Bolton saat bertemu Netanyahu pada Januari lalu. Mike Pompeo (menlu AS) juga membicarakannya di awal-awal tahun ini.

Sebelum ini, Netanyahu juga telah membicarakannya secara terbuka dengan pihak AS. Menurut Netanyahu, kabinetnya berniat membentuk mekanisme untuk mengawasi investasi China. Kabinetnya telah membahas topik ini dalam dua pertemuan. Namun belum ada keputusan dan tindakan yang diambil, lantaran ada perselisihan antara kantor perdana menteri dengan kemenlu dan kementerian ekonomi Israel.

AS mengkhawatirkan pengaruh China di Israel, terutama karena Beijing tengah membangun beberapa proyek infrastruktur besar di Israel, termasuk pelabuhan baru Haifa.

Washington juga mencemaskan potensi kehadiran korporasi telekomunikasi China, seperti Wave dan ZTE, dalam tender pembuatan jaringan 5G di Israel.

Berdasarkan kutipan dari sumber-sumber yang hadir di pertemuan, Trump tidak memberikan ultimatum kepada Netanyahu. Dia hanya meminta agar Netanyahu memahami situasi.

Para pejabat senior Rezim Zionis mengaku, Netanyahu bisa saja berjanji kepada Trump agar tidak mengizinkan perusahaan China ikut dalam tender pembangunan infrastruktur komunikasi. Namun, kontrak tender pembangunan pelabuhan Haifa akan sulit untuk dibatalkan, sebab pihak China telah memulai proses pembangunannya. Selain itu, pembataan tender akan berdampak buruk pada hubungan Israel-China.

Gedung Putih tidak membantah kabar pertemuan Trump-Netanyahu, namun tidak memberikan komentar. Di pihak lain, kantor PM Israel menyebut kabar ini “tidak benar.” (af/alalam/fars)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*