Washington,LiputanIslam.com-Nancy Pelosi (ketua majelis perwakilan AS) mengatakan, Donald Trump naik pitam dalam pertemuan anggota Kongres di Gedung Putih, Rabu (16/10). Agenda pertemuan itu adalah pembahasan keluarnya pasukan AS dari Suriah.

Dilansir dari NBC, para petinggi Demokrat di Kongres segera keluar dari rapat dengan marah, menyusul ucapan Trump yang menyebut Pelosi sebagai “politisi kelas tiga.”

Baca: Trump: Memerangi ISIS di Suriah Sama Seperti Berperang demi Rusia dan Iran

Kejengkelan Trump kepada Pelosi disebabkan rencana interpelasi terhadap dirinya. Dalam beberapa hari terakhir, Trump mengkritik Pelosi dengan pedas.

Sebelum pertemuan di Gedung Putih, majelis perwakilan AS telah mengesahkan resolusi yang mengkritik keputusan Trump dalam menarik pasukan AS dari utara Suriah. Washington berniat untuk mempertahankan pasukannya yang berjumlah 150 personel di daerah al-Tanf saja.

Menurut Pelosi, kemungkinan pengesahan resolusi ini telah membuat Trump naik darah. Dalam resolusi itu, sekira dua pertiga wakil Republik juga menentang keputusan Trump. Resolusi itu disahkan usai mendapatkan 354 suara setuju dan 60 suara menolak.

Resolusi itu meminta agar pemerintah Turki mengakhiri operasi militernya di utara Suriah. AS juga dituntut untuk menyokong milisi Kurdi di Suriah. Resolusi itu juga meminta Gedung Putih menyusun rencana yang jelas untuk membasmi ISIS. (af/alalam)

Baca Juga:

PM Pakistan: Trump Ingin Saya Memediasi Iran-AS

Gara-gara Invasi Turki ke Suriah, Trump Umumkan Darurat Nasional di AS

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*