Washington,LiputanIslam.com-Sejumlah media-media Barat mengabarkan, Donald Trump mengirim surat bernada keras kepada sebagian pemimpin negara-negara anggota NATO.

Dalam surat yang dikirim menjelang pertemuan NATO di Brussels kepada pemimpin Kanada, Spanyol, Belanda, dan Jerman ini, Trump mengancam jika negara-negara ini tidak menambah jatah anggaran pertahanan, AS mungkin “akan segera” memikirkan rencana keluar dari organisasi ini.

Menurut laporan New York Times, dalam surat yang ditujukan kepada Angela Merkel, Trump menulis:”Sangat tidak etis jika AS harus menanggung biaya pertahanan Jerman, padahal ekonomi Jerman dalam kondisi bagus.”

“Saya tidak bisa lagi membela Anda dan Jerman lebih dari ini lagi. Semua pihak harus membayar jatah (pertahanan) dengan sama rata,”lanjut Trump.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS enggan berkomentar tentang surat ini, demikian sebagaimana dikutip The Independent.

Sejak memasuki Gedung Putih, bahkan sebelum itu, Trump mengkritik NATO karena mengklaim bahwa AS telah ‘dimanfaatkan’ oleh 29 anggota lain. Dengan dikirimkannya surat bernada keras di atas, Trump menunjukkan bahwa ia akan bersikap lebih keras dalam pertemuan mendatang NATO .

Anggota-anggota NATO pada 2014 lalu sepakat untuk menambah anggaran pertahanan mereka secara bertahap. Namun hingga kini, hal itu belum diwujudkan. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*