Washington,LiputanIslam.com-Presiden AS menyatakan bahwa pertemuan terakhirnya dengan presiden Prancis membawa banyak hasil. Donald Trump bahkan mengaku, dia berhasil mengubah pandangan Emmanuel Macron tentang Iran.

Dalam wawancara dengan Fox News melalui telepon, Trump mengatakan, dia telah memperoleh banyak capaian yang nanti akan disaksikan orang-orang. Dia mencontohkan, usai pertemuannya dengan Macron, pandangan presiden Prancis tentang Iran jauh berbeda dengan pandangannya sebelum melawat ke Gedung Putih.

“Dia (Macron) tahu apa pendapat saya soal Iran. Presiden AS sebelum ini telah menjalin kesepakatan mengerikan dengan Iran. Dia telah menyerahkan 150 milyar dolar kepada Iran, dan 1,8 milyar di antaranya berupa uang kontan. Ini tidak bisa diterima,”kata Trump.

Menurutnya, rakyat Iran di masa Obama selalu meneriakkan slogan “mampus Amerika.” Tapi saat ini, klaim Trump, mereka tak lagi melakukannya.

“Akhir-akhir ini saya tidak pernah mendengar lagi boat-boat mereka (Iran) berpatroli di sekitar kapal-kapal kita. Sebab mereka tahu boat-boat itu akan lenyap tak tersisa jika mereka melakukannya,”ujar Trump.

Terkait perundingan dengan Korut, Trump sekali lagi mengaku lebih sukses daripada pemerintah AS sebelum ini. Sebab, katanya, dia bukan seperti Obama yang mengirim John Kerry untuk berunding, padahal Kerry disebutnya sebagai negosiator terburuk.

“Dia (Kerry) tidak pernah meninggalkan perundingan (nuklir dengan Iran). Jika dia bisa membuat kesepakatan yang lebih baik, semestinya dia meninggalkan perundingan,”tandas Trump. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL