Washington,LiputanIslam.com—Presiden Amerika, Donald Trump, mengkritik kerajaan Arab Saudi karena merasa tidak mendapatkan apa yang seharusnya didapatkan dari kerajaan tersebut. Hal ini disampaikan Trump saat memberikan sambutan di depan masyarakat Virginia Barat pada Sabtu kemarin (29/9).

Selain itu, Trump juga menyebutkan bahwa kerajaan Arab Saudi memiliki uang triliunan dolar dan menganggap bahwa kerajaan itu seharusnya mampu membayar semua pengeluaran militernya.

“Saya cinta Arab Saudi. Pagi tadi, aku baru saja menelepon King Salman. Aku katakan, King, Anda memiliki triliunan dolar. Tanpa kami, tidak ada yang tau apa yang akan terjadi. Bersama dengan kami, mereka akan aman. Tetapi, sayangnya kami tidak mendapatkan apa yang seharusnya,” ucap Trump.

Selanjutnya, untuk meraup lebih banyak dolar dari kantong kerajaan tersebut, Trump mengancam akan mencabut subsidi yang sebelumnya diberikan kepada Arab Saudi. Trump Mengatakan, “Saat ini, kami sedang memberikan subsidi pada militer mereka. Saya katakan, ‘Arab Saudi, Anda kaya, Anda harus bisa membiayai pengeluaran militer Anda.”

Tahun lalu, Trump telah melakukan perjanjian penjualan senjata terbesar kepada Arab Saudi. Pada Mei 2017 saja, kerajaan Arab Saudi sepakat untuk membeli senjata senilai 110 milyar dolar AS.

Transaksi jual-beli senjata ini sempat mendapatkan kritik dari berbagai organisasi kemanusiaan dunia karena pada saat yang sama, Arab Saudi sedang melakukan agresi militer ke Yaman. Kemungkinan, senjata-senjata yang dibeli itulah yang nantinya akan digunakan untuk menggempur Yaman. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*