Washington,LiputanIslam.com-Presiden AS mengumumkan, pihaknya telah mencapai kesepakatan bersyarat dengan Kongres AS. Dengan demikian, pemerintahan federal akan kembali aktif usai tutup lebih dari sebulan.

Donald Trump menegaskan, jika Kongres dalam 3 pekan ke depan tidak menyetujui anggaran 5,7 milyar dolar untuk membangun tembok pemisah di perbatasan, maka pemerintah federal akan kembali memasuki kondisi shutdown.

Sebelum ini Washington Post mengabarkan, melalui kesepakatan yang dijalin dengan Trump, pemerintah federal hanya memiliki waktu selama tiga pekan untuk beraktivitas. Sedangkan pembahasan tentang anggaran yang diajukan Trump untuk membangun tembok belum terselesaikan dan akan ditangguhkan pada waktu lain.

Pada hari Jumat (25/1) para petinggi Kongres AS berupaya meyakinkan Trump untuk menerima kesepakatan jangka pendek guna mengaktifkan pemerintahan federal. Sebab dengan berlanjutnya shutdown dalam jangka waktu lama dan penundaan banyak jadwal penerbangan di seluruh AS, Paman Sam akan dihadapkan pada kondisi darurat. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*