LosAngeles,LiputanIslam.com-Harian Los Angeles Times pada hari Selasa (30/7) mengabarkan, Gavin Newsom (gubernur California) telah menandatangani undang-undang yang mengharuskan kandidat pilpres merilis surat pernyataan pajaknya.

Undang-undang ini telah disahkan di kongres California dengan selisih suara yang amat tipis. Berdasarkan undang-undang ini, tiap orang yang tak bersedia merilis surat pernyataan pajaknya selama 5 tahun terakhir, akan dilarang dalam kompetisi internal partai di negara bagian itu untuk menjadi kandidat pilpres.

Baca: Trump Lontarkan Serangan Rasis kepada Anggota Kongres Kulit Hitam

“Sebagai salah satu pusat ekonomi dunia dan tempat tinggal sepersembilan pemilih AS, California bertanggung jawab untuk memiliki informasi tentang pembayaran pajak para kandidat,”kata Newsom.

Lebih dari 39,5 juta dari 327 juta penduduk AS tinggal di negara bagian California. Kehilangan suara para pemilih di negara bagian ini bagi seorang kandidat pilpres berarti bahwa dia akan kehilangan sepersembilan dari keseluruhan pemilih di AS.

Hingga kini Trump sudah dua kali mengelak dari deadline yang ditentukan Majelis Perwakilan AS untuk memublikasikan surat pernyataan pajaknya. Dia menyatakan tak akan pernah melakukan hal tersebut. (af/alalam/irna)

Baca Juga:

Gara-gara Iran, India Ragu Membeli Nirawak AS

Trump Sebut Sekutu Eropanya Lebih Buruk dari Tiongkok

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*