Moskow,LiputanIslam.com-Donald Trump pada hari Kamis (29/11) mengumumkan pembatalan pertemuannya dengan Vladimir Putin. Presiden AS menyatakan, pertemuan ini dibatalkan karena Moskow enggan mengembalikan kapal-kapal Ukraina yang disita.

Padahal hanya beberapa saat sebelumnya, Trump menyebut pertemuan G-20 di Argentina sebagai kesempatan yang sesuai untuk bertemu dengan presiden Rusia.

“Mengingat bahwa Rusia enggan menyerahkan kapal dan awaknya kepada Ukraina, saya menyimpulkan bahwa hal terbaik bagi semua pihak adalah membatalkan pertemuan yang sudah direncanakan dengan Presiden Putin. Saya tidak sabar menanti pertemuan yang berarti usai masalah ini diselesaikan,”cuit Trump dalam akun Twitter-nya.

Kremlin menanggapi pembatalan ini dengan respon bernada menyindir. Menurut Kremlin, jika pertemuan Putin-Trump dibatalkan, presiden Rusia bisa memiliki waktu lebih banyak untuk pertemuan-pertemuan yang lebih berguna.

Angkatan Laut Ukraina pada Minggu (25/11) mengumumkan, militer Rusia mengarahkan tembakan ke tiga kapal Ukraina di Selat Kerch dan menahannya. Moskow mengatakan, tindakan ini dilakukan karena kapal-kapal Ukraina itu memasuki perairan Rusia secara ilegal.

Putin pada hari Rabu (28/11) menegaskan, ketegangan baru Rusia-Ukraina ini adalah buah aksi provokatif Kiev. Menurut Putin, presiden Ukraina berusaha meningkatkan elektabilitasnya dengan cara ini menjelang pilpres di negara tersebut. (af/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*